Jumat, 12 Oktober 2012

Autocad


AutoCAD 2004

 Membuka AutoCAD 2004

Secara umum untuk membuka program AutoCAD dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
1. Double klik shortcut autoCAD 2004 pada Desktop atau klik kanan pada shortcut AutoCAD 2004, kemudian pilih Open
2. Membuka dari Start Menu, yaitu :
Start Program AutoCAD 2004 AutoCAD 2004

Tampilan AutoCAD 2004, seperti dibawah ini :

 Memberikan Perintah Dalam AutoCAD

1. Melalui Pulldown menu pada Menu Bar
2. Melalui Icon pada Tool Bar
3. Melalui Command Prompt

 Penggunaan Koordinat Dalam AutoCAD

Pada tampilan layar AutoCAD terdapat Icon UCS (User Coordinat Sistem) yang terletak di sudut kiri layer. Ada tiga sumbu yang terdapat pada Icon UCS tersebut yitu sumbu X, Y, dan Z.
 X menunjukkan arah sumbu X
 Y menunjukkan arah sumbu Y
 Z menunjukkan arah sumbu Z
Dalam gambar 2D, hanya digunakan sumbu X dan Sumbu Y.

Tiga Sistem Koordinat yang digunakan dalam AutoCAD 2D :
Koordinat Absolut : X,Y
Koordinat Relatif : @X,Y
Koordinat Polar : @Jarak

 Langkah Kerja dengan AutoCAD

Pertemuan Pertama

 Perintah Yang Umum Digunakan dalam AutoCAD
1. Line
Digunakan untuk membuat garis.
Command : LINE (enter)
Specify First Point : (masukkan titik awal garis)
Specify next point or [Undo] : (masukkan titik selanjutnya)
Specify next point or [Undo] : (tekan enter jika sudah selesai)

2. Erase
Digunakan untuk menghapus objek / gambar yang terpilih
Command : ERASE
Select objects: (pilih objek yang akan dihapus)
Select objects: (enter)

3. Save
Digunakan untuk menyimpan objek / gambar yang terpilih

4. Zoom
Digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar

Zoom Windows : untuk memperbesar dengan menggunakan jendela
Zoom Previous : untuk kembali ke tampilan sebelumnya
Zoom Real Time : untuk memperbesar dan memperkecil tampilan secara cepat

5. Pan
Digunakan untuk menggeser tampilan layar seperti fungsi scrollbar.

6. Osnap
Digunakan untuk mengunci kursor pada objek / gambar tertentu sehingga objek akan langsung menangkap titik tersebut.
Command : OSNAP

Endpoint : Untuk menangkap titik akhir
Midpoint : untuk menangkap titik tengah
Center : untuk menangkap titik tengah lingkaran
Node : untuk menangkap titik yang dibuat dengan perintah point
Quadrant : untuk menangkap titik kuadran lingkaran
Intersection : untuk menangkap titik perpotongan garis
Extention : untuk menangkap titik perpanjangan garis
Perpendicular : untuk menangkap titik yang tegak lurus dengan titik sebelumnya
Nearest : untuk menagkap titik terdekat dengan garis / gambar
Pertemuan Kedua

 Membuat Denah

1. Offset
Digunakan untuk mengkopi objek tegak lurus/parallel dari objek aslinya.
Command line: offset
Specify offset distance or [Through] : (masukkan jarak offset)
Select object to offset or : (pilih objek yang akan di – Offset)
Specify point on side to offset?: (tentukan arah offset)

2. Extend
Digunakan untukmemanjangkan garis dengan adanya garis penahan.
Command line: extend
Select boundary edges…
Select objects: ( pilih garis penahan)
Select object to extend or shift-select to trim or [Project/Edge/Undo]: (pilih garis yang akan dipanjangkan)

3. Trim
Digunakan untuk memotong garis dengan menggunakan garis pemotong..
Current settings: Projection = current Edge = current
Select cutting edges…
Select objects: (pilih garis pemotong)
Select object to trim or [Project/Edge/Undo]: (pilih garis yang akan dipotong).

4. Fillet
Digunakan untuk memotong garis dengan menggunakan garis pemotong..
Current settings: Projection = current Edge = current
Select cutting edges…
Select objects: (pilih garis pemotong)
Select object to trim or [Project/Edge/Undo]: (pilih garis yang akan dipotong).

5. Layer
Digunakan untuk membuat lapisan – lapisan(layer) gambar pada layar.
Command : LAYER

6. Matchprop
Digunakan untuk mengkopi properties suatu objek ke objek lain.
Command line: matchprop
Select source object: (pilih objek yang mau dikopi propertiesnya)
Current active settings: Currently selected matchprop settings
Select destination object(s) or [Settings]: (pilih objek yang dituju)

Pertemuan Ketiga
 Membuat Rencana Kusen, Pintu dan Jendela
1. Rectang
Digunakan untuk membuat segi empat/persegi panjang
Command: rectang
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]:
(tentukan titik awal diagonal dari segi empat)
Specify other corner point or [Dimensions]: (tentukan titik akhir diagonal segi empat)

2. Arc
Digunakan untuk membuat busur lingkaran
Command : arc
Specify start point of arc or [CEnter]: (tentukan titik awal busur)
Specify second point of arc or [CEnter/ENd]: (pilih End untuk menentukan titik akhir busur)
Specify end point of arc: (tentukan titik akhir busur)
Specify center point of arc or [Angle/Direction/Radius]: (pilih angle untuk menentukan besar susut yang dibentuk oleh juring)
Specify included angle: (masukan besar sudut)

3. Move
Digunakan untuk memindahkan objek ke titik yang dimaksud.
Command : move
Select objects: (pilih objek yang akan dipindahkan)
Specify base point or displacement: (tentukan titik acuan pemindahan objek)
Specify second point of displacement or :
(tentukan titik penempatan yang baru)

4. Copy
Digunakan untuk mengkopi objek
Command : copy
Select objects: (pilih objek yang akan digandakan)
Specify base point or displacement or [Multiple] : (tentukan titik acuan pemindahan objek)
Specify second point of displacement or :
(tentukan titik penempatan objek hasil penggandaan)

5. Rotate
Digunakan untuk memutar objek dengan sudut tertentu
Command : rotate
Select objects: (pilih objek yang akan dipindahkan)
Specify base point or displacement: (tentukan titik acuan pemindahan objek)
Specify second point of displacement or :
(tentukan titik penempatan yang baru)

6. Mirror
Digunakan untuk mencerminkan objek dengan sudut tertentu
Command : mirror
Select objects: (pilih objek yang akan dipindahkan)
Specify first point of mirror line: (tentukan awal garis cermin)
Specify second point of mirror line: (tentukan akhir garis cermin)

Pertemuan Keempat & Kelima

 Membuat Garis Atap dan Tampak

1. Xline
Digunakan untuk membuat garis yang tidak mempunyai batas
Command: xline
Specify a point or [Hor/Ver/Ang/Bisect/Offset]: (pilih salah satu opsi)

Hor : membuat garis horizontal
Ver : membuat garis vertikal
Angle : membuat garis dengan susut tertentu
Offset : membuat garis sejajar dengan suatu garis yang sudah ada

2. Pline
Digunakan untuk membuat Garis yang merupakan satu kesatuan (entitas)
Command : pline
Specify start point: ( tentukan titik awal garis polyline)
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]:
(tentukan titik berikutnya, atau pilih salah satu opsi)

3. Xplode
Digunakan untuk memecahkan garis polyline menjadi tidak satu kesatuan.
Command : xplode
Select objects: ( pilih objek yang mau di explode, lalu enter)

4. Bhatch
Digunakan untuk membuat arsiran pada daerah gambar yang kosong
Command: bhatch

Langkah Kerja :
- Swatch : (pilih jenis arsiran )
- Pick Point : (membuat arsiran dengan cara klik kedalam
Kurva/bidang yang akan diarsir)
- Preview : (untuk melihat hasil arsiran)
- Scale : (untuk mengubah skala arsiran)
- Angle : (untuk mengubah sudut arsiran)

Pertemuan Keenam & Ketujuh

 Membuat Tampak lanjutan dan potongan
1. Adcenter
Digunakan untuk memasukkan notasi dan symbol gambar yang tersedia di Design Center AutoCAD
Command: adcenter

2. Ltype
Digunakan untuk menampilkan tipe garis yang tersedia di Linetype Manager
Command: ltype

3. Properties
Digunakan untuk mengubah properti gambar seperti warna garis, tipe garis, ketebalan garis dll.
Command: CH

Color : ( mengubah warna objek/gambar)
Layer : ( mengubah nama layer)
Linetype: (mengubah tipe/jenis garis)
Linetype scale: (mengubah skala linetipe)
Lineweight: (mengubah ketebalan garis)

4. Copyclip
Digunakan untuk mengcopy objek gambar dari dokumen lain

5. Pasteclip
Digunakan untuk memasukkan objek gambar yang sudah di –copy untuk dimasukkan kedalam layer AutoCAD

6. Circle
Digunakan untuk membuat bentuk lingkaran
Command: circle
Specify center point for circle or [3P (Three Points)/2P (Two Points)/Ttr (tan tan radius)]: (tentukan titik pusat lingkaran atau pilih salah satu opsi)
Specify radius of circle or [Diameter]: (masukkan panjang jari – jari lingkaran,lalu enter.)

7. Polygon
Digunakan untuk membuat bentuk poligonal(segi banyak)
Cara 1 :
Command: Pol
Enter number of sides <4>: (masukkan jumlah sisi poligon)
Specify center of polygon or [Edge]: (tentukan titik pusat poligon)
Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] : (masukkan pilihan (poligon didalam bersisian dengan grs singgung lingkaran/poligon diluar bersisian dengan grs singgung lingkaran)
Specify radius of circle: (masukkan jari – jari lingkaran)

Cara 2 :
Enter number of sides <4>: (masukkan jumlah sisi poligon)
Specify center of polygon or [Edge]: (pilih Edge dengan mengetik “E”)
Specify first endpoint of edge: (tentukan titik awal poligon)
Specify second endpoint of edge: (tentukan titik akhir poligon)

Pertemuan Kedelapan

 Membuat Dimensi gambar

1. Dimlinear
Digunakan untuk membuat dimensi arah vertical dan horizontal

2. Dimaligned
Digunakan untuk membuat dimensi mengikuti garis yang diukur

3. Dimangular
Digunakan untuk membuat dimensi sudut yang dibentuk 2 garis

4. Dimradius
Digunakan untuk membuat dimensi radius lingkaran

5. Dimdiameter
Digunakan untuk membuat dimensi diameter lingkaran

6. Dimcontinue
Digunakan untuk membuat dimensi menerus

7. Dimbaseline
Digunakan untuk membuat dimensi bertumpuk

8. Dimstyle
Digunakan untuk membuat style dimensi baru

Pertemuan Kesembilan

Membuat Rencana Pondasi dan Detail
2. MLine
Digunakan untuk membuat garis sejajar yang lebih dari satu
Command : mline
Specify start point or [Justification/Scale/STyle]: (klik titik awal multiline atau pilih salah satu opsi)
- Justification : (menentukan garis acuan mline, top = garis atas sebagai
sebagai acuan, Zero = garis tengah sebagai acuan,
Bottom = garis bawah sebagai acuan

- Scale : (menentukan skala garis mline)

3. Mlstyle
Digunakan untuk mengatur setting garis multiline
Command : mlstyle

Langkah kerja :
- Name : (ketikkan nama multiline)
- Add : (menambahkan nama multiline kedalam multiline style)
- Element Properties : ( mengatur properties multiline )
- Offset : ( masukkan jarak offset garis multiline)
- Color : ( mengubah warna multiline)
- Line type : (mengubah tipe garis multiline)
- Save : (menyimpan multiline yang sudah dibuat)
 Mencetak Gambar

1. Plot
Digunakan untuk mencetak gambar
Command : plot

Langkah Kerja :

1. Printer/Plotter : (pilih printer/plotter yang digunakan)
2. Paper Size : (pilih ukuran kertas yang digunakan)
3. Plot Scale : (tentukan skala gambar yang akan dicetak)
4. Plot Style Table : (pilih plotstyle yang digunakan)
5. Drawing Orientation : (pilih orientasi gambar)
6. Window : (kilik window untuk memblock gambar yang akan dicetak)
7. Layout : (pilih Layout untuk mencetak berdasarkan layout pada
layer)
Di dunia teknik, yang umum dijadikan media untuk menggambar tentu saja kertas. Oleh karena itu, kertas diberi ukuran standar. Selain ada ukuran standarnya, kertas juga memiliki berbagai macam jenis dan corak sesuai dengan kegunaannya masing-masing. AutoCAD merupakan alat bantu untuk menggambar yang sangat lengkap. Pendek kata, AutoCAD sebagai pengganti perlengkapan menggambar anual secara menyeluruh, bahkan dapat dikatakan lebih dari itu. AutoCAD menyediakan dua macam media untuk menggambar, yaitu media model dan media paper. Media model merupakan ruang tiga dimensi tanpa batas, sehingga Anda dapat menggambar dari sudut pandang mana pun dengan ukuran erapa pun di dalamnya. Sedangkan media paper diibaratkan lembaran kertas yang hanya memiliki luasan, yaitu panjang dan lebar tertentu. Dalam penerapannya, media model dapat dimasukkan ke dalam media paper. Bekerja dengan dua media, yaitu media model di dalam media paper, hal ini biasa disebut juga bekerja dengan viewport.erdasarkan kenyataan, bahwa penggunaan viewport tidak ada aturan yang membatasi, maka gaya penyajiannya sangat beragam. Hal ini juga tergantung kebutuhan, karena penggunaan AutoCAD saat ini sudah bukan untuk keperluan gambar teknik di lapangan saja, tapi sudah meluas ke segala bidang. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu dimengerti adalah teknik pembuatannya.
Sebelum melangkah lebih jauh, perlu penulis sampaikan bahwa Anda dapat memanfaatkan media model yang begitu luas untuk segala macam keperluan menggambar. Walaupun sebenarnya media model ini merupakan ruang tiga dimensi tanpa batas, Anda dapat memakainya sebagai hamparan secara keseluruhan untuk menuangkan gambar dua dimensi berbagai macam ukuran. Namun ada hal yang perlu Anda ingat, bahwa dunia teknik telah membakukan beberapa ketentuan menjadi standar internasional. Termasuk di antaranya, yaitu ketentuan ukuran kertas dan skala gambar. Memang, standar yang merupakan aturan baku tersebut seharusnya tidak dilanggar. Akan tetapi, terkadang juga menjadi kendala karena tidak sesuai dengan selera dan kreativitas seseorang.
Oleh karena itu, penulis mengambil jalan tengah dalam pembahasan ini.
Artinya, walaupun penulis tidak sepenuhnya menggunakan standar internasional, namun penulis tetap memuat standar internasional tersebut pada buku ini. Hal ini dikarenakan, siapa tahu Anda sangat memerlukannya. Biasanya, teknolog sejati tidak mau melanggar aturan yang telah baku. Kalau Anda bekerja dengan teknolog
sejati, penskalaan gambar bisa menjadi hal yang serius. Oleh karena itu, sewaktu mencetak gambar, yang perlu Anda perhatikan adalah penskalaan.
Berikut ini ukuran kertas dan skala gambar menurut standar internasional ISO, yang juga sama dengan standar Jepang JIS, standar Jerman DIN, dan standar Belanda NEN.
Ketika Anda menggambar secara manual, yang pertama dilakukanadalah penskalaan gambar agar sesuai dengan ukuran standarkertas yang akan digunakan. Menggambar secara manual ataupundengan AutoCAD pada prinsipnya adalah sama, hanya saja, jika
menggambar secara manual Anda harus menskalakan terlebih dahulu setiap goresan yang akan dituangkan, sedangkan apabila Anda menggunakan AutoCAD, Anda tetap menggambar sesuai dengan ukuran yang sebenarnya. Hal tersebut dikarenakan AutoCAD menggunakan satuan Unit. Dengan kata lain, menggambar suatu objek dengan AutoCAD berarti menggambar dengan skala 1:1, sehingga Anda tidak perlu membagi atau mengalikan ukuran gambar dengan skalanya, sebagaimana kalau Anda menggambar secara manual. Angka-angka di dalam tabel standar ukuran kertas pada buku ini menggunakan satuan mm (milimeter). Namun, penulis mengingatkan, agar Anda tidak bingung dan dapat mengerti dengan mudah, jangan memikirkan satuannya. Untuk itu, anggap saja ukuran kertas dan AutoCAD sama-sama tidak mempunyai satuan, yang ada hanyalah angka. Jadi, kalau Anda menggambar suatu objek, yang perlu Anda perhatikan adalah besaran angka, bukan satuan. Sebagaimana yang pernah penulis terangkan, bahwa Anda boleh menganggap media model sebagai hamparan luas untuk menuangkan gambar dua dimensi. Oleh karena itu, untuk pembuatan beberapa lembar gambar 2D yang akan dikemas dalam bentuk paket, sangatlah baik. Namun, cara pembuatan batas area penggambaran harus menggunakan instruksi pembentukan objek, misalnya dengan instruksi RECTANG atau yang lainnya, bukan menggunakan instruksi LIMITS. Bahkan, akan lebih baik kalau instruksi Limits Anda kondisikan OFF dengan cara ketik LIMITS , kemudian Anda
masukkan sub-instruksi OFF .